Jumat, 27 Februari 2009

OPINI


KADO BUSH UNTUK OBAMA
Oleh : Ruhan Muksin


Siapa tidak kenal presiden AS ke 43 (BUSH), presiden yang berdalil melawan terorisme untuk perdamayan dunia ironinya para terorisme selalu di tujukan kepada Negara-negara timur tenggah yang berakhir dengan runtuhnya penguasa Iraq Saddam Husain, persiden Iraq yang perna mengalahkan AS dalam perang teluk.
Agresi milter AS ke afganisan awal dari perang timur tengah yang berdalil melawan terorisme yang ditujukan kepada Osama Bin Laden dan pengikutnya, agresi yang menimbulkan penderitaan masyarakat sipil. Masyarkat yang harus dilindungi harus menjadi korban keganasan militer AS. Agresi milter ke afganistan meluas hingga ke Iraq dengan dalil Iraq menyimpan senjata pemusnah masal sampai ini senjatah yang menjadi alasan AS untuk mengusai Iraq. namun belum ada bukti bahwa sejata itu benar-benar ada.
Perang timur tenggah berakhir dengan penderitaan warga timur tenggah namun penderitaan ini menjadi mala petaka bagi perekonomian AS dengan terjadinya Krisis AS, krisis yang terjadi pada AS bukan hanya program pengurangan pajak korporasi yang bernilai 1,35 triliun dolar AS atau kredit macet. Namun perang timur tengah juga salah satu penyebab terjadinya krisis AS dimana terjadi pembengkakan biyaya perang yang dikelurkan AS cukup besar dan kondisi timur tenga yang tidak stabil yang menyebabkan eksploitasi minyak dari timur tengeh ke AS tidak berjalan dengan lancar.
Agresi Israel di awal 2009 yang mengakibatkan aksi solidaritas anti Israel dan AS oleh masyarakat dunia membuat AS kehilangan kepercayaan oleh Negara-negara anti perang, Israel yang merupakan kaki tangan AS sehingga dengan lelusa melakukan agresi militer ke palistina dengan perlengkapan perang dari AS, Israel yang berdailil memburu kelompok hamas namun warga non hamas pun harus dikorbankan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak berdaya dibawa kekuasaan AS sehingga tidak ada hukuman bagi pelangaran HAM dalam perang timur tenggah.
Bush yang mengahiri karirnya dengan berbagai masahala yang melanda AS dan akan di tangung oleh presiden obama, presiden yang penah menempuh pendidian di negri ini. Apakah oabam bisa menyelesaikan persoalan yang melanda AS dan Langkah awal obama dengan tegas menutup penjara Gwantanamo, penjara yang di gunakan bush untuk mengurung orang-orang yang melawan kekuasaannya, penjara ini juga terjadi pelangaran HAM selama masa bush berkuasa di negri paman sam.
Masih benyak lagi masahala yang melanda AS dimana masahala yang menguncang AS yaitu krisis keuangan yang membuat begitu banyak masyarakat kehilangan pekerjaan sehingga mayarakat menahru harapan kepada presiden baru AS (Obama), belum lagi obama harus mengembalikan kepercayaan Negara-negara timur tengah dan negara-negara anti perang terhadap AS.
Perjalanan seorang obama masih panjang namun obama bak dewa penyelamat buat orang-orang yang ditindas AS selama Bush berkuasa, namun obama juga seorang manusia yang tidak luput dari kehilafan ataukah janji yang pernah di ucapkan dalam kampanye hanyalah politik menuju gedung putih dan Amerika tetaplah Amerika. Mari kita tunggu janji-janji obama apakah di adalah dewa ataukah penjelmaan dari bush..,(’!’) (El)



PUDARNYA PESONA NEW REPOEBLIK (N’R)
“sebuah refleksi di hari jadi N’R ke – 2”


Jangan mau jadi pengecut…!
Hidup sekali harus berarti
Ada yang berubah, ada yang bertahan
Sebab zaman tak bisa dilawan
Yang pasti kepercayaan harus tetap di pertahankan. ( CH )
Mungkin sepenggal kalimat diatas tidak asing lagi bila terdengar di telinga kita. Dimana kalimat tersebut terukir manis dari tangan seorang sastrawan yang telah lama pergi meninggalkan kita semua. Dia adalah Chairil Anwar, namun karya-karyanya masih selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia. Terutama dikalangan pencinta seni tanah air ini.Begitu pula dengan salah satu komunitas seni yang di deklarasikan pada tanggal 14 Februari 2007 di manado ini menggunakan kalimat tersebut sebagai motto penggerak semangat didalam komunitas ini. Sebuah komunitas yang beranggotakan 14 orang (6 anggota perempuan, dan 8 anggotya laki-laki) didirikan dengan landasan kebersamaan dan kecintaan akan seni itu sendiri. Karena bagi mereka seni merupakan jalan ke-3 (tiga) untuk melakukan revolusi. Sudah begitu banyak yang telah dilakukan new repoeblik sehingga komunitas ini dapat dikenal dikalangan mahasiswa maluku utara di manado. Walaupun berbagai rintangan yang menghadang di setiap langkah N’R ini, mereka tetap optimis dan yakin bahwa dengan kebersamaan yang dimiliki, segala bentuk rintangan akan mereka hadapi bersama. Namun bagi penulis sendiri komunitas New Repoeblik ini sudah mampu membuat semua orang (khususnya mahasiswa maluku utara yang berstudi dimanado) menjadi iri akan kehadiran New Repoeblik. Dalam arti bahwa, iri kepada rasa kebersamaan yang dibangun oleh anak-anak yang rata-ratanya angkatan 06 ini. bukan berarti penulis ingin membandingkan rasa kebersamaan antara angkatan yang satu dengan yang lain.
Namun seiring berjalannya waktu, semangat-semangat yang melekat di tubuh anak-anak N’R ini lambat laun mulai memudar, entah mengapa eksistensi N’R yang telah menjadi kebanggaan mahasiswa maluku utara di manado ini seakan hilang termakan oleh waktu. Mungkin terlalu banyak faktor-faktor kecemburuan yang tidak menginginkan kehadiran komunitas New Repoeblik sehingga mereka berusaha untuk memecah belahkan semangat-semangat anak-anak new repoeblik ini ataukah para punggawa-punggawa N’R sendiri yang sudah tidak lagi memiliki rasa kebersamaan dan mulai mencari jalan sendiri-sendiri (ona waje nyinga matomoi). Semua itu saya kembalikan kepada seluruh punggawa New Repoeblik sendiri. apakah perjalanan yang telah jauh kita lewati bersama dengan penuh suka dan duka (meski lebih banyak dukanya) ini harus berakhir di hari jadi New repoeblik yang kedua. Mungkin ini menjadi sebuah refleksi yang harus kita renungi bersama. Kenapa dan ada apa? yang sehingga komunitas seni ini harus terpuruk di hari bahagia ini? Itulah yang harus kita pertanyakan pada diri kita sendiri. hanya sebuah solusi bodoh yang penulis ingin sampaikan yaitu seperti yang tertulis dalam lirik lagu dari grup band kerispatih “bila rasaku ini adalah rasamu” satu rasa kebersamaan untuk membangkitkan kembali komunitas seni ini (cieeeee sama deng film-film saja eeeeeee). hingga komunitas seni yang sudah kita bangun bersama selama dua tahun ini akan tetap eksis dan bisa terus melahirkan ide-ide kreatif yang mampu menggoncangkan Manado, Maluku Utara, dan Tanah Air Indonesia tercinta.
Apabila ada kata-kata yang menyinggung hati dari teman-teman New Repoeblik maupun kawan-kawan pembaca tabloid LOGA-LOGA sekalian saya mohon maaf.

Thanks for all

N g o f a G u r a

1 komentar:

  1. KABAR BAIK! KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibu saya SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    BalasHapus