Jumat, 27 Februari 2009

WACANA


Krisis Global

Hantu kembali melanda dunia, hantu krisis”. Demikianlah terjadinya krisis saat ini, yang mengingatkan orang akan hantu krisis 1997-1998. Penyebabnya sama, yaitu bermula dari krisis keuangan. Kalau Krisis 10 tahun yang lalu, melanda Negara-negara emerging markets kemudian menjadi krisis multidimensi terutama bagi Indonesia. Kini krisis keuangan serupa terjadi. Bedanya terjadi di Negara super kaya dan kuasa, Amerika Serikat, yang dengan cepat melanda Negara-negara Eropa. Krisis yang semula hanya krisis kredit perumahan kelas dua, kini berubah menjadi krisis sektor keuangan hebat yang menghancurkan para agen keuangan raksasa, dan telah berubah menjadi krisis sektor riil.
UNCTAD, sebuah organisasi PBB di bidang perdagangan dan pembangunan yang bergengsi, Selasa kemarin 7 Oktober mengeluarkan pernyataannya dalam menilai krisis keuangan global dewasa ini. UNCTAD menyebut krisis ini sebagai hasil dari inovasi keuangan besar-besaran yang lalu berubah menjadi “senjata penghancur masal keuangan”, mengutip istilah milyarder Warren Buffet, yang menyebabkan terjadinya apa yang dinamakan sebuah “krisis abad ini”. Menurut UNCTAD, adanya sistem rekayasa keuangan modern yang canggih kini terbukti merupakan kesalahan besar, karena hampir semua aktor di setiap tahap rekayasa keuangan, telah terjangkit euforia akan mendapat keuntungan besar, sehingga melupakan risiko terjadinya gagal bayar dari para pengutang. Rekayasa keuangan tanpa aturan yang ketat ini di AS sebenarnya sudah berlangsung lama. Ini adalah hasil dari disahkannya Gramm-Leach-Bliley Act tahun 1999 oleh Kongres AS yang didominasi Republik dan disahkan menjadi UU oleh Bill Clinton; untuk mengganti Glass-Steagall Act tahun 1933 yang menetapkan berbagai peraturan yang membatasi industri keuangan setelah depresi besar tahun 1929. Glass-Steagall Act ini melarang sebuah perusahaan keuangan untuk bermain di berbagai layanan keuangan, terutama tidak dibolehkan menjadi sebuah bank investasi dan sekaligus bank komersial, maupun sekaligus bank asuransi. Hal ini yang sekarang dilabrak oleh de-regulasi mazhab neo-liberal, terutama lewat operasi keuangan baru semacam hedge funds dan private equity funds.
[1] Korporasi-korporasi keuangan kini bermain sekaligus sebagai bank komersial, bank investasi serta bank asuransi tanpa kontrol siapapun.

Krisis global abad ini juga memunculkan kembali istilah ekonomi balon (bubble economy), yaitu ekonomi yang seolah-olah kelihatan besar, tetapi isinya kosong, dan bila terus ditiup, yang membesar itu lama-kelamaan akan meletus. Ini mengingatkan akan diktum Marx, nabinya kaum Sosialis, bahwa bangunan ekonomi seharusnya berasal dari kegiatan produksi, bukan dari kegiatan keuangan (perdagangan). Perdagangan uang yang membesar,difa silitasi oleh berbagai instrumen keuangan yang rumit dari portofolio bertingkat, nyatanya kini membawa pada krisis dahsyat abad ini.
Krisis keuangan yang kembali berubah menjadi krisis riil ini akan melanda siapa saja. Eropa yang terkena imbasnya oleh krisis di AS, kini bahkan mengalami krisis yang lebih dalam dan menjadi pusat episentrum gempa krisis. Sebuah survey internasional manufaktur pada tanggal 1 Oktober melaporkan terjadinya situasi yang memburuk , di mana output manufaktur dan order barang mulai terpuruk selama bulan September di AS, Eropa dan Jepang. Krisis akan semakin besar dan nyata di tahun depan (2009)
Di Indonesia, pemerintah sibuk menjelaskan bahwa Indonesia belum lagi terkena krisis dan pemerintah akan berusaha meminimalisir dampak krisis. Akan tetapi hingga kini, pemerintah hanya berusaha mengutak-atik instrumen moneter dan fiskal sebagai senjata penangkal, tanpa berusaha masuk ke masalah fundamental. Sudah jelas bahwa Indonesia sejak Krisis 1997/1998, belum benar-benar pulih. Apa sebabnya? Disamping masalah-masalah politik yang tidak banyak berubah, rejim ekonominya juga tidak berubah. Pemerintah sejatinya memelihara krisis. Kini krisis yang lebih besar akan melanda, di saat Indonesia masih terus bergulat dalam krisis.
Kita melihat bahwa krisis politik semenjak kejatuhan Soeharto, tidak memperoleh pemecahan fundamental. Akibatnya masyarakat selalu merasa tidak puas dengan pemerintah dan situasi politik yang terjadi. Bahkan walaupun telah ada hasil Pemilu 2004, sampai saat ini pemerintah yang dihasilkannya tidak membawa kepuasan bagi banyak pihak. Faktor utama yang adalah keinginan perubahan yang luas dan besar dari masyarakat, nyatanya hanya menghasilkan sebuah demokrasi yang koruptif dan main uang. Nyatanya hanya menghasilkan rezim politik Orde-Baru yang baru (Neo-Orba minus Soeharto) yang praktek politiknya hanya menghasilkan demokrasi elitis, yaitu penguatan elit-elit Orba di pusat dan daerah-daerah. Soeharto telah berhasil menciptakan dan melestarikan sebuah sistem Soehartois dan Soeharto-soeharto kecil. Meskipun ia telah tiada, nyatanya sistemnya tetap berjalan, lewat polesan-polesan dan kemasan-kemasan baru. Secara jelas, naiknya SBY-JK dan Partai Golkar sebagai pemenang Pemilu adalah cermin nyata dari Neo-Orba ini. Neo-Orba di bidang politik inilah yang menyebabkan ketidakpuasan masyarakat. Korupsi masih dan terus merajalela secara sistemik, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi kosmetik dari sistem koruptif tersebut. Tentu saja KPK melakukan ‘sesuatu’. Tetapi sesuatu itu tidak menjerat koruptor-koruptor kakap dan biangnya koruptor (terutama kroni-kroni dan anak-anak Soeharto dan kasus BLBI yang menyelamatkan kroni-kroni tersebut di masa krisis yang
lalu). Akibatnya krisis menjadi endemik di dalam sistem dan tidak ada pemecahannya. Sistem ekonominya juga Neo-Orba, yaitu metamorfosa dari Konglomerat kroni-kroni dan anak-anak Soeharto menjadi re-generasi konglomerasi baru. Orang-orangnya adalah anak-anak konglomerat atau survivor (penerus) dari yang lama. Rezim ekonomi ini akan terus melindungi dan mengedepankan kepentingan para usahawan besar ini. Rezim ekonominya tidak akan pernah menjadi ekonomi kerakyatan atau ekonomi pemerataan. Rezim ekonominya memeluk erat-erat paham neo-liberalisme. Portofolio kabinet ekonominya terdiri dari ekonom-ekonom neo-mafia Barkeley. Resep-resepnya tetap pertumbuhan ekonomi (artinya mempertahankan ekonomi-ekonomi besar saja sebagai penggerak ekonomi) dan penguatan pasar bebas secara konsisten (perdagangan bebas, rezim devisa bebas dan proyek-proyek liberalisasi ekonomi). Indonesia adalah Negara miskin dengan ekonomi paling liberal di dunia. Akibatnya sistem ekonominya tetap memelihara krisis tahun 1997/1998, karena melemahkan kekuatan-kekuatan ekonomi domestiknya sendiri untuk selamanya, menganak-tirikan sektor pertanian dan meninggalkan industrialisasi nasional. Tanpa mendahulukan pemain-pemain sektor riil rakyat yang kuat, di mana kita bicara mengenai jutaan unit petani-petani kecil dan jutaan unit industri-industri kecil, maka krisis adalah kanker di dalam sistem ekonomi Indonesia.
Datangnya krisis global maha dahsyat sekarang ini (2008), maka Indonesia akan terkena sapuan yang lebih hebat lagi. Nampaknya Tuhan tidak rela Indonesia ini dipimpin terus oleh sebuah rezim Neo-Orba, sehingga akan dibuat kembali krisis dahsyat sampai munculnya sebuah pemerintahan baru yang pro-rakyat dan pro-demokrasi sejati. Nampaknya krisis saat ini adalah sebuah momentum bagi gerakan pro-demokrasi dan pro-rakyat untuk kembali menempatkan agenda reformasi total ke dalam sistem ekonomi dan politik Indonesia. Harus ada perombakan besar-besaran atas sistem mega-koruptif ini, bila bangsa Indonesia ingin menjadi bangsa yang jaya dan bermartabat lagi. Harus ada perubahan total atas sistem ekonomi neo-liberal menjadi ekonomi kerakyatan populis yang konsisten dengan amanat pasal 33 UUD 45.
Mudah-mudahan inilah momentumnya. Pemilu tahun depan (2009) mudah-mudahan akan menghasilkan sebuah ‘kejutan’ bagi transisi yang lebih terarah pada demokrasi ekonomi dan demokrasi sejati yang kita dambakan. Krisis global akan lebih mudah diatur bila Indonesia kembali pada kedaulatan ekonominya, ekonomi yang mandiri dan berdiri di atas kaki sendiri, sebagaimana negeri-negeri Brazil, Russia, India dan China (BRIC) sekarang. ***( Doank)

Aktivitas Torang Di Manado




Musyawarah Anggota Ke II Himpunan Pelajar Mahasiswa Halmahera Tengah (Hipma-Halteng)
Himpunan Pelajar Mahasiswa Halmahera Tengah (HIPMA-HALTENG) SULUT pada Jumat, (20/2) kemarin, mengadakan acara pembukaan Musyawarah Anggota ke II dengan tema: “Integritas Nilai-Nilai Kolektivitas Untuk HIPMA-HALTENG kedepan”, yang di laksanakan di aula Hotel Dragon Boulevard. Seperti yang dikemukakan oleh kawan Yusup Ilyas yang juga ketua panitia pelaksana musyawarah bahwa acara pembukaan kali ini akan dihadiri oleh Wakil Bupati Halmahera Tengah sekaligus membuka acara dengan resmi. Kemudian acara juga diisi dengan pentas seni diantaranya teater dari komunitas seni NR’, tarianlalayon, serta vokal grup dari mahasiswa Halteng.
“acara pembukaan malam ini akan dibuka oleh Wakil Bupati Halmahera Tengah serta ada pentas seni antara lain persembahan teater dari kawan-kawan NR’ , tarian lalayon serta vokal grup”, ujar Yusup yang ditemui Logaloga sebelum acara dimulai. Acara ini kemudian dilanjukan dengan penyampaian sambutan oleh Wakil Bupati Halmahera Tengah, di awal sambutannya Wakil Bupati menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi pelaksanaan musyawarah ini, selain itu beliau juga mengungkapkan secara sekilas tentang kemajuan pembangunan selama satu tahun terakhir di Kabupaten Halmahera Tengah. Wakil Bupati juga mengharapkan kepada mahasiswa agar menjadi social control dalam hal pembangunan daerah serta bersama-sama dengan pemerintah dalam menuntaskan masalah-masalah di Kabupaten Halmahera Tengah.
Pelaksanaan agenda musyawarah sendiri baru akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu bertempat di MAN Model Tuminting, saat deadline berita ini diturunkan pelaksanaan musyawarah baru memasuki pleno pertama. Ketua panitia juga optimis dengan pelaksanaan musyawarah selama dua hari tersebut.“kami sebagai panitia juga merasa yakin bahwa pelaksanaan musyawarah ini akan bisa selesai selama dua hari” ujar Yusup dengan nada optimis.(oenoe)
-----------------------------------------------------------------------------------



Risman : “Pengurus Baru Harus Melihat Kekurangan Dari Kepengurusan Sebelumnya”.

Di sela-sela pembukaan Musyawarah Anggota ke II Himpunan Pelajar Mahasiswa Halmahera Tengah (HIPMA-HALTENG), ketua HIPMA-HALTENG demisioner Risman A. Rasyid yang ditemui Logaloga menyampaikan beberapa hal menyangkut dengan masa kepemimpinannya. “pada awal ketika saya terpilih sebagai ketua umum HIPMA-HALTENG, saya tidak menyangka kalau tanggung jawab ini akan diberikan kepada saya namun, semangat untuk mengawal kepentingan organisasi kedepan membuat saya berani untuk mengemban tugas ini”.
Risman juga menyampaikan bahwa belum banyak yang dia berikan untuk memajukan organisasi ini dan menjadi cacatan sejarah untuk kedepannya nanti. Dia juga menyampaikan harapannya kepada pengurus berikut dimana pengurus berikut harus melihat kekurangan-kekurangan apa yang ada pada kepengurusan sebelumnya. “harapan saya kepada teman-teman HIPMA-HALTENG bisa melihat proses satu tahun ini berjalan, kira-kira dimana kekurangan organisasi ini dan kedepannya bisa ditutupi melalui program-program organisasi yang lebih ril”, ungkap Risman. Tentunya harapan yang disampaikan oleh Risman ini bisa menjadi pelecut semangat bagi mahasiswa Halmahera Tengah untuk membuat organisasi paguyuban ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. (oenoe)

BERITA Kabar dari Maluku Utara…….


Anggaran Pendidikan di Malut mencapai Rp. 60 milyar
Ternate : Pemerintah daerah Maluku Utara (Malut) membantah kalau anggaran pendidikan yang di plot dalam APBD tahun 2009 sangat minim, menyusul tudingan dari sejumlah LSM di Malut yang menyatakan anggaran pendidikan hanya Rp. 25 milyar. Ketua Badan perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Malut Muhajir Marsaoli mengatakan secara keseluruan anggaran pendidikan di Maluku Utara mencapai Rp. 60 milyar, namun yang di plot ke Dinas Pendidikan hanya Rp. 25 milyar. Sementara anggaran yang mendukung fungsi pendidikan berada di dinas Pekerjaan Umum dan Badan Diklat yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
Lanjut Muhajir selain di 3 SKPD tersebut, anggaran pendidikan di Malut juga melekat di Sekertriat daerah yang di peruntukan bagi masyarakat yang ingin melakukan studi ke jenjang Strata 2.Muhajir menambahkan sekitar 90 % anggaran APBD adalah dana transfer dari pemerintah pusat dimana anggaran yang telah memperhitungkan anggaran pendidikan , sementara pendapatan asli daerah hanya 10 % atau sekitar Rp. 80 milyar.
------------------------------------------------------------------------------------
Komisi B DPRD Malut Mengusir 3 Staf Dinas
Kehutanan Saat Melakukan Rapat


Ternate : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku Utara (Malut) mengusir 3 staf dari Dinas Kehutanan Malut saat melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi B DPRD Malut. Padahal pertemuan tersebut sempat berlangsung selama 15 menit. Juru Bicara Komisi B DPRD Malut yang membidangi Pertambangan dan Kehutanan Nasrun Abdulah Djabir mengatakan pengusiran 3 Staf Dari Dinas Kehutanan di sebabkan karna Kepala Dinas Kehutanan tidak menghadiri rapat tersebut, namun di wakili oleh staf.
Alasan Nasrun jika staf dinas kehutanan yang mengikuti pertemuan, maka mereka tidak berani mengambil keputusan,
DPRD Kata Nasrun mengancam akan memanggil paksa Kadis Kehutanan dengan menggunakan bantuan kepolisian, sebab Kadis Kehutanan sudah 3 kali di undang, namun tetap mangkir.
Nasrun menambahkan rencana pertemuan dengan Dinas Kehutanan Malut adalah untuk membicarakan ganti rugi akibat pengrusakan wilayah adat di kabupaten Kepulauan Sula yang di lakukan oleh PT. Sula Mandiri.
--------------------------------------------------------------------------------
Penyidikan Kasus Halsel Ekspres Tidak Dilanjutkan Lagi
(Tidak Terdapat Unsur Korupsi Berupa Kerugian Negara)


Ternate – Kasus dugaan korupsi pembelian kapal cepat Halsel Ekspress yang saat ini ditangani pihak Kejaksaan Tinggi ( Kejati ) Malut, dipastikan tidak akan dilanjutkan proses penyidikannya ke tingkat penuntutan.
Pasalnya, kasus yang sudah dua tahun disidik ini, tidak memenuhi unsur tindak pidana korupsi sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 yang dirubah dengan undang-undang nomor 21 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.

Hal itu diungkapkan Asisten Pidana Khusus ( Aspidsus ) Kejati Malut Tatang Sutarna SH yang ditemui kemarin. Menurut mantan Kepala Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Ciamis Jawa Barat ( Jabar ) ini, kapal yang dibeli seharga Rp. 14 Milliar ini, meski berdasarkan Keputusan Presiden ( Kepres ) Nomor 80 tahun 2003 tentang proses pelelangan barang dan jasa, terdapat perbuatan hukum karena proses pembeliannya tidak melalui proses tender sebagaimana yang diatur dalam pasal 7 kepres tersebut, namun dari unsur tindak pidana korupsi tidak terdapat kerugian negara.
Sebab kata dia, berdasarkan hasil audit, BPKP ( Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan) Ambon selama kurang lebih 8 bulan terkait dengan besarnya harga kapal, tidak ditemukan adanya kerugian Negara yang timbul dari pembelian kapal itu. ” Sudah dilakukan audit oleh BPKP Ambon selama 8 bulan namun tidak ada kerugian Negara, atau kemahalan dalam pembelian kapal tersebut,” ucap Tatang, yang belum lama ini menerima tim BPKP Ambon yang datang Kejati Malut Jumat ( 13/2 ) akhir pekan lalu..Sehingga, menurut dia, kasus ini tidak ada kerugian Negara dan kemahalan dalam pembelian kapal cepat tersebut, kasus ini tidak bisa lagi dilanjutkan ke penuntuta, karena korupsi harus terpenuhi semua unsur,” katanya. Ia juga menambahkan, mengingat tim Kejati Malut tidak memiliki tim ahli untuk menelii dan menentukan besarnya harga kapal yang dimaksud, sehingga , pihak Kejati Malut meminta bantuan ke tiga perusahaan perkapalan, yakni Sucofindo, BKI, dan ITATS.
”Dan menurut Sucofindo harga kapal berkisar Rp. 16 Milliar, sementara dana yang dikeluarkan untuk pembelian kapal Rp. 14 Milliar,” jelas Tatang. Tatang juga menjelaskan, bahwa dirinya melalui PPAT telah mengecek uang pembelian kapal cepat tersebut sampai ke Jepang, namun dari tiga kali pengiriman uang tersebut tidak ada yang mengalir ke rekening Bupati Muhammad Kasuba. (doank)
-----------------------------------------------------------------------------------
Polres Bekuk 3 Provokator Selebaran SARA

Malut Post, 16 Februari 2009Labuha – Aparat kepolisian Resort ( Polres ) Halsel, akhir pekan lalu membekuk tiga warga Halsel yang diduga penyebar selebaran berbau SARA di sejumlah desa sekitar Labuha, belum lama ini.pekan lalu. Penangkapan itu dilakukan setelah polisi melakukan pengembangan penyidikan atas adanya temuan selebaran yang isinya menyudutkan sejumlah pihak belum lama ini.
Ketiga oknum provokator itu, jelas Kapolres, adalah warga Halsel, ketiganya mengedarkan selebaran di sejumlah desa di Bacan, terutama Labuha, Kupal dan Sayoang.Meski ketiganya


Kapolres Halsel, AKBP Dharma Leledapang, mengungkapkan, ketiga oknum itu, masing-masing AD, SU dan ON ditangkap
telah ditangkap, polisi masih mengembangkan penyidikan untuk mengungkap otak pelaku dibalik selebaran itu. “ Kita juga akan mencari pelaku intelektual lahirnya selebaran itu,” ungkap Kapolres.Kapolres mengatakan, kasus itu akan di ungkap tuntas untuk mendukung terjaminnya keamanan di Halsel. “Jika ada yang mengganggu ini harus bersama-sama melakukan pencegahan. Kita beda pendapat itu hal yang wajar. Tetapi tidak melakukan provokasi dan menghasut, jelas Kapolres.
Sekedar diketahui, isi selebaran itu sendiri turut mendeskreditkan suku tertentu, dan mengadu domba bupati dan wakil bupati. ( Doank )
------------------------------------------------------------------------------------
KOMUNITAS SENI BUDAYA HALMAHERA UTARA TERBENTUK

(13-02-2009)Dalam rangka mengembangkan bidang seni-budaya Halmahera Utara, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar pertemuan dengan para pemerhati seni-budaya daerah ini. Pertemuan berlangsung pada 2 Pebruari 2009 dan bertempat di pendopo kantor bupati. Pertemuan ini dibuka oleh Asisten Bidang Pemeritahan Setda Halmahera Utara, Rakib Sakola, SH.Lewat sambutan, Asisten Bidang Pemerintahan menyampaikan bahwa Budaya Hibualamo sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai salah satu atraksi dalam menarik wisatawan. "Untuk itu saya harapkan lewat pertemuan ini bisa menggali kebudayaan kita" harapnya.
Acara yang dipandu oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini menghasilkan satu kesepakatan untuk membentuk suatu wadah bernama Komunitas Seni Budaya Halmahera Utara dengan Ir. Jesaya Banari sebagai kordinatornya.
Wadah komunitas seni budaya ini disambut baik oleh para peserta. Hal ini membawa pengaruh positif terhadap generasi muda khususnya mereka yang mempunyai bakat di bidang tarik suara. Di samping itu, berbagai jenis budaya daerah juga akan dikembangkan dan dipertunjukan dalam bentuk pentas terbuka. (Doank)
----------------------------------------------------------------------------------
Semangat kekeluargaan warna pembahasan Aset Penyerahan Aset
Pemda Halteng dan Pemkot Tikep


Selasa, 17 February 2009,Pertemuan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tengah dan Pemerintah Kota Tidore kepulauan guna membahas asset pemda Halteng yang masih berada di wilayah Hukum Kota tidore berlansung dengan semangat dan dilandasi dengan rasa kekeluargaan.
Pertemuan yang berlangsung di Ruang rapat Lantai II Kantor Bupati Halteng itu Dihadiri dari Pemkot Tidore Walikota Ahmad Mahifa, Wakil Ketua DPRD H.Kader majid , Sekot Ibrahim Marajabesy, Assisten I M. Taher Wanboko, Asisten III Dra. HJ. Kartini Elake dan sejumlah kepala SKPD diantara kepala Inspedktorat Husni Husain, Ka Dispenda H. SY Hasanuddin, Kadis Kesehatan dr Harun Konoras, Kabag Umum H.Husain Alting, Kabag Hukum Bonita Manggis, Kabag Pemerintahan Hamid Abdullah, Kabag Keuangan Hj Kartini Hadadi, Kepala Pertanahan Abubakar Romidar dan Kekwan Yusuf Tamnge sedangkan dari unsur Dewan Tikep selain Wakil Ketua H. Kader Majid ada Ade Kama, Suhri Muhiddin, Gerson Lolorie, Amrin Salasa dan Samaun Hamisi,s edangkan dari pemda Halteng adalah Wakil Bupati Gawi Abas, Sekda Basri Amal, para asisten dan sebagian besar kepala SKPD serta sejumlah anggota DPRD diantaranya Ahlan Jumadil, Bustamir Arsad, Abd Rahim Ode Yani, Munandar Zakaria, Halid Langkara Dan Ridwan
karena kedua klub adalah klub besar dan mempunyai target untuk juara Liga Champions musim ini. Manchester united seperti kita ketahui bersama merupakan juara liga champion musim lalu (2007/2008) sedangkan Inter Milan adalah raja Serie A tiga musim berturut-turut. Hadi.Unsur Dewan Kota Tidore Kepulauan yang berjumlah 25 orang.untuk itu Wakil Bupati Gawi Abas Berharap agar dalam menyelesaikan persoalan ini dengan mengedepankan asas kekeluargaan, kebersamaan dengan tidak mengabaikan aturan-aturan yang ada.. Sementara itu Sekda Halteng Basri Amal sebelum menyerahakan kepada Wakil bupati Gawi Abas untuk memimpin Rapat mengatakan, bahwa Kab Halteng telah
dibekali dengan kesepakatan yang telah ditandatangi oleh kedua daerah ini pada tahun 2005 oleh Bupati Hasan Husain Doa dan dari walikota saat itu adalah Mahmud Andrias yang diketahui oleh propinsi dan dari Depdagri namun ada beberapa hal yang pemda Halteng masih ingin dipertahankan yaitu Ito gapura, dan rumah dinas kediaman Bupati, walaupun itu pahit kami dari Pemkab Halteng ini berkeinginan agar itu masih menjadi asset kita, tetapi kalau itu tidak karena dari aspek kesejarahan dan lain-lain maka itu juga tidak menjadi sebuah pemaksaan kehendak tetapi ada solusi lain kata Sekda Basri amal yang bisa menggantikan asset pemda Halteng.senada dengan Sekda Basri Amal, WAkil Bupati Gawi Abas malah kembali mempertanyakan kalau Rumah dinas Bupati mau di ambil Alih oleh Pemkot kira-kira kompenisasinya seperti apa, kami juga tidak mau kalau diberikan financial tetapi
kalau boleh dibangun sebuah Rumah atau mes sebagai kompesasi yang akan menjadi asset Halteng di Tikep kata Gawi Abas. Halid Langkara anggota DPRD Halteng dan Asisten I M.Zen Umasangaji berpendapat sebaiknya ini tetap menjadi milik Pemda Halteng yang mempunyai nilai histories , sedang
kan asset-aset yang tidak berada di wilayah Hukum baik Pemkab Halteng Maupun Pemkot Tikep seperti asrama mahasiswa di sepakati asrama mahasiswa yang berada dimanado milik Pemkot Tikep, dimakasar asrama putra milki Tikep, asrama Putri milik Halteng sedangkan asrama mahasiswa di Jokjakarta adalah milik Pemda Halmahera Tengah
Pertemuan yang berlangsun dalam 2 sesi yaitu sesi pertama hingga pkl 13.00 untk rehat dan sholat kemudian sesi ke 2 dari pkl 14:00 hingga berakhir pkl 16.10 wit
Kendatipun rapat ini telah berakhir dengan kesepakatan bersama namun belum dapat ditandatangani berita acara penyerahan,kendati pun Bagian Hukum pemkot Tikep telah menyiapkan draf berita acaranya.Wakil Bupati Halteng Gawi Abas sebelum menutup pertemuan ini mengatakan point berita acara itu akan dipelajari dulu,karena Wakil Bupati yang mengikuti pertemuan maka Bupati Halteng yang akan menandatangani berita acara itu nanti di Kota Tidore Kepulauan.

Dari Weda Staf Humas Halteng Husen Umagapi.(Doank)


sumber berita dari Websaite masing-masing Kabupaten Daera(propinsi,halteng,halut,halsel,haltim)

OPINI


KADO BUSH UNTUK OBAMA
Oleh : Ruhan Muksin


Siapa tidak kenal presiden AS ke 43 (BUSH), presiden yang berdalil melawan terorisme untuk perdamayan dunia ironinya para terorisme selalu di tujukan kepada Negara-negara timur tenggah yang berakhir dengan runtuhnya penguasa Iraq Saddam Husain, persiden Iraq yang perna mengalahkan AS dalam perang teluk.
Agresi milter AS ke afganisan awal dari perang timur tengah yang berdalil melawan terorisme yang ditujukan kepada Osama Bin Laden dan pengikutnya, agresi yang menimbulkan penderitaan masyarakat sipil. Masyarkat yang harus dilindungi harus menjadi korban keganasan militer AS. Agresi milter ke afganistan meluas hingga ke Iraq dengan dalil Iraq menyimpan senjata pemusnah masal sampai ini senjatah yang menjadi alasan AS untuk mengusai Iraq. namun belum ada bukti bahwa sejata itu benar-benar ada.
Perang timur tenggah berakhir dengan penderitaan warga timur tenggah namun penderitaan ini menjadi mala petaka bagi perekonomian AS dengan terjadinya Krisis AS, krisis yang terjadi pada AS bukan hanya program pengurangan pajak korporasi yang bernilai 1,35 triliun dolar AS atau kredit macet. Namun perang timur tengah juga salah satu penyebab terjadinya krisis AS dimana terjadi pembengkakan biyaya perang yang dikelurkan AS cukup besar dan kondisi timur tenga yang tidak stabil yang menyebabkan eksploitasi minyak dari timur tengeh ke AS tidak berjalan dengan lancar.
Agresi Israel di awal 2009 yang mengakibatkan aksi solidaritas anti Israel dan AS oleh masyarakat dunia membuat AS kehilangan kepercayaan oleh Negara-negara anti perang, Israel yang merupakan kaki tangan AS sehingga dengan lelusa melakukan agresi militer ke palistina dengan perlengkapan perang dari AS, Israel yang berdailil memburu kelompok hamas namun warga non hamas pun harus dikorbankan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak berdaya dibawa kekuasaan AS sehingga tidak ada hukuman bagi pelangaran HAM dalam perang timur tenggah.
Bush yang mengahiri karirnya dengan berbagai masahala yang melanda AS dan akan di tangung oleh presiden obama, presiden yang penah menempuh pendidian di negri ini. Apakah oabam bisa menyelesaikan persoalan yang melanda AS dan Langkah awal obama dengan tegas menutup penjara Gwantanamo, penjara yang di gunakan bush untuk mengurung orang-orang yang melawan kekuasaannya, penjara ini juga terjadi pelangaran HAM selama masa bush berkuasa di negri paman sam.
Masih benyak lagi masahala yang melanda AS dimana masahala yang menguncang AS yaitu krisis keuangan yang membuat begitu banyak masyarakat kehilangan pekerjaan sehingga mayarakat menahru harapan kepada presiden baru AS (Obama), belum lagi obama harus mengembalikan kepercayaan Negara-negara timur tengah dan negara-negara anti perang terhadap AS.
Perjalanan seorang obama masih panjang namun obama bak dewa penyelamat buat orang-orang yang ditindas AS selama Bush berkuasa, namun obama juga seorang manusia yang tidak luput dari kehilafan ataukah janji yang pernah di ucapkan dalam kampanye hanyalah politik menuju gedung putih dan Amerika tetaplah Amerika. Mari kita tunggu janji-janji obama apakah di adalah dewa ataukah penjelmaan dari bush..,(’!’) (El)



PUDARNYA PESONA NEW REPOEBLIK (N’R)
“sebuah refleksi di hari jadi N’R ke – 2”


Jangan mau jadi pengecut…!
Hidup sekali harus berarti
Ada yang berubah, ada yang bertahan
Sebab zaman tak bisa dilawan
Yang pasti kepercayaan harus tetap di pertahankan. ( CH )
Mungkin sepenggal kalimat diatas tidak asing lagi bila terdengar di telinga kita. Dimana kalimat tersebut terukir manis dari tangan seorang sastrawan yang telah lama pergi meninggalkan kita semua. Dia adalah Chairil Anwar, namun karya-karyanya masih selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia. Terutama dikalangan pencinta seni tanah air ini.Begitu pula dengan salah satu komunitas seni yang di deklarasikan pada tanggal 14 Februari 2007 di manado ini menggunakan kalimat tersebut sebagai motto penggerak semangat didalam komunitas ini. Sebuah komunitas yang beranggotakan 14 orang (6 anggota perempuan, dan 8 anggotya laki-laki) didirikan dengan landasan kebersamaan dan kecintaan akan seni itu sendiri. Karena bagi mereka seni merupakan jalan ke-3 (tiga) untuk melakukan revolusi. Sudah begitu banyak yang telah dilakukan new repoeblik sehingga komunitas ini dapat dikenal dikalangan mahasiswa maluku utara di manado. Walaupun berbagai rintangan yang menghadang di setiap langkah N’R ini, mereka tetap optimis dan yakin bahwa dengan kebersamaan yang dimiliki, segala bentuk rintangan akan mereka hadapi bersama. Namun bagi penulis sendiri komunitas New Repoeblik ini sudah mampu membuat semua orang (khususnya mahasiswa maluku utara yang berstudi dimanado) menjadi iri akan kehadiran New Repoeblik. Dalam arti bahwa, iri kepada rasa kebersamaan yang dibangun oleh anak-anak yang rata-ratanya angkatan 06 ini. bukan berarti penulis ingin membandingkan rasa kebersamaan antara angkatan yang satu dengan yang lain.
Namun seiring berjalannya waktu, semangat-semangat yang melekat di tubuh anak-anak N’R ini lambat laun mulai memudar, entah mengapa eksistensi N’R yang telah menjadi kebanggaan mahasiswa maluku utara di manado ini seakan hilang termakan oleh waktu. Mungkin terlalu banyak faktor-faktor kecemburuan yang tidak menginginkan kehadiran komunitas New Repoeblik sehingga mereka berusaha untuk memecah belahkan semangat-semangat anak-anak new repoeblik ini ataukah para punggawa-punggawa N’R sendiri yang sudah tidak lagi memiliki rasa kebersamaan dan mulai mencari jalan sendiri-sendiri (ona waje nyinga matomoi). Semua itu saya kembalikan kepada seluruh punggawa New Repoeblik sendiri. apakah perjalanan yang telah jauh kita lewati bersama dengan penuh suka dan duka (meski lebih banyak dukanya) ini harus berakhir di hari jadi New repoeblik yang kedua. Mungkin ini menjadi sebuah refleksi yang harus kita renungi bersama. Kenapa dan ada apa? yang sehingga komunitas seni ini harus terpuruk di hari bahagia ini? Itulah yang harus kita pertanyakan pada diri kita sendiri. hanya sebuah solusi bodoh yang penulis ingin sampaikan yaitu seperti yang tertulis dalam lirik lagu dari grup band kerispatih “bila rasaku ini adalah rasamu” satu rasa kebersamaan untuk membangkitkan kembali komunitas seni ini (cieeeee sama deng film-film saja eeeeeee). hingga komunitas seni yang sudah kita bangun bersama selama dua tahun ini akan tetap eksis dan bisa terus melahirkan ide-ide kreatif yang mampu menggoncangkan Manado, Maluku Utara, dan Tanah Air Indonesia tercinta.
Apabila ada kata-kata yang menyinggung hati dari teman-teman New Repoeblik maupun kawan-kawan pembaca tabloid LOGA-LOGA sekalian saya mohon maaf.

Thanks for all

N g o f a G u r a

KARYA SASTRA


JINGGA ITU WARNAKU
Art : PjG 66


Kisah ini mulai kutulis saat semua tak lagi mampu kusimpan sendiri dalam rongga-rongga otak jongkok ku yang mulai bising kini. Entah ini kisah yang keberapa kalinya, akupun tak mampu lagi untuk menghitungnya. Aku percaya setiap kita pasti pernah punya satu kisa terindah dalam hidup ini, hanya satu satu kali dan tak akan pernah terulang dilain waktu, walau sempat terjadi kisah-kisah yang lain aku yakin rasanya tak akan sama. Detak-detak nadikupun kian kurasakan lemah, entah karena sudah sampai waktuku untuk pulang keharibaannya ataukah kehancuran kisah indahku yang telah mematikan raga kumalku, resahku semakin mengelitik roh suci pemberian sang illahi untuk keluar dari jasad rapuh ini.
Haripun kian petang sang jingga warna idamanku, yang hadir dari bias sang mentari yang lelah bersinar kian memudar terlihat bahkan berkesan pekat hitam. Aku tak tahu harus berdiskusi dengan siapa lagi, semua manusia terasa menjadi musuh-musuhku kini. Sang sepipun terlalu lama memberi solusi. Terasa derap langkahku bagai digilir kematian, inikah yang namanya kerapuhan, segalanya terasa gampang hancur bahkan prinsip hidup yang selama ini menjadi senjata ampuhku untuk melawan kesepian kian tergoyahkan, semuanya seperti bermain dengan gelombang tanpa kemudi, hanya tersisa sebila papan sisa-sisa dari biduk retakku yang terakhir untuk bertahan. Semua kian terasa kosong sampai-sampai udarapun tak kurasa dalam tiap helaan nafasku.
Hidup bagai dikekang, terasa sempit. Kalaupun terlepas aku hanya bagaikan anak panah tanpa arah, menyusuri jalanan sempit sampai akhirnya jatuh terinjak kaki-kaki optimisme dan patah. Ku panggil dia Jingga. Aku mengenal dia lewat medium abstrak, tak pernah kusangkah sketsa wajah ayu yang sering kugores dibibir pantai benar-benar nyata adanya, berjalan dan hidup bersama imaji liarku. Walau tak sesempurna khayalan nakalku namun senyumannya sudahlah cukup untuk menjadikannya seorang Hawa tanpa cacat dimataku.semuanya berjalan sesuai dengan lembaran scenario takdir. Bertemu di bibir pantai Andalusia, menjalin kasih sampai akhirnya berdiri kokoh tembok keraton kasta menuliskan bait-bait perpisahan. “Kita hanyalah sebagian dari manusia yang kesakitan saat berbahagia, cinta tak punya mata hanya nyali, namun kita masih terlalu kecil untuk melawan sang suhu sakti yang telah berabad-abad tahun lalu mengoreskan manuskrip adat untuk keluargaku, aku mencintaimu dengan hati yang kuat, namun kelelahan bathinku telah menghisap semua air cintaku ditelaga hati ini. Biarkan aku pergi dengan tarian duka, tak usalah kau mengiringi apalagi sampai harus menangisi semuanya.”
Tak ada air mata apalagi sampai menangis, saat mulut sang pujaan berhenti berucap tentang perihnya perpisahan. Lakon hidupkupun seketika tak berbentuk, yang ada dihati hanyalah prasasti kepedihan yang tiada tara. Aku benci dengan semuanya yang telah begitu tega menutup mata hatinya untuk sekedar menoleh manatap wajahku. Kenangan tentang Jingga masih saja datang menemani malam-malam sepiku, begitu indah senyuman itu. Senyuman yang sempat membuat aku lupa kalau tak ada manusia yang sempurna didunia ini. Matanya yang hitam indah seakan terus megawasi kesendirian ini, jentik-jentik bulu matanya seperti mengoda rasa lupaku pada perih. Tawa-tawa kecil bagai membawa aku kembali pada masa kecil penuh bahagia. Jingga berat rasanya untuk kuterima semua yang terjadi, tak adakah lagi ruang ataupun celah

sempit untuk kulurkan tanganku sedetik saja menggenggam jemarimu seperti waktu-waktu kamarin? Inilah kelemahan manusia yang paling parah, tak pernah bisa mengembalikan waktu walau hanya sepersekian detik saja. Aku terdampar dipulau ragu, hanya tuhan yang tahu aku menangis dimalam setelah perpisahan itu.
Malam telah menyapa, bersama sejuta kerlap-kerlip punggawa kecilnya menghiasi dewi malam yang mengurai rambut indahnya, namun sayang sang panglima lembut tak mau datang menampakan cahayanya, kenapa mesti takut untuk keluar dari balik kabut tebal itu, aku tak akan menatap matamu dalam-dalam malam ini. Aku tak punya waktu untuk itu dan sejujurnya aku malu kalau engkau sampai tahu kalau aku telah berpisah dengan Jingga. Biarkan semuanya menjadi misteri. “setiap kita adalah sang duka, entah ada cinta ataupun tidak, kepedihan dan luka pasti juga akan menghampiri. Berarak-arak senyuman tanpa sang kekasih tercinta bagai menatap ratu tanpa mahkota kilauan, tak ada keindahan semua surga telah tergusur oleh amarah dan rasa benci.” Tolong beritahu kabar dari kekasihku yang tak termiliki, wahai angin malam. Aku merindukannya, merpati-merpati kecil ciumlah amis darahku yang terus mengalir dari lubang hatiku. Tak usalah kalian mengejek kerapuhanku.
Saat itu kurang dua hari, aku genap berusia 20 tahun. Bertemu dibibir pantai Andalusia saat dia sedang berlibur bersama keluarganya. Mataku sempat tak berkedip hampir tiga ratus enam puluh detik, tak pernah terbayangkan kalau perempuan yang selama ini hanya hidup dalamn angan-anganku ternyata benar-benar ada, bernafas mampu berbicara tak seperti fantasi bisuku selama ini. Gagap aku didepannya, sampai menghilang raga indah itu dari hadap mataku. Saat sadar penyesalanlah yang tertinggal, maki hatiku kenapa juga aku tak sempat berkenalan dengannya. Pertemuan pertama yang tanpa perkanalan itu terus memburu tidur malamku. Lepas empat bulan kemudian baru aku bertemu lagi denganya, disebuah balai budaya keraton sanjaya agung, semua berlalu tanpa saling mengenalkan diri. Aku masih terlalu takut berhadapan sendirian dengan sang bidadari yang selama ini hidup dalam ruang hatiku. Barulah dua minggu kemudian semua tentang dia menjadi jelas, saat itu ada pagelaran seni teater ditaman seni Puritan jaya. Sejuta cerita lucu indah terangkai disudut panggung kecil itu.
Semua berlalu bagai mimpi, sebuah keajaiban kontruksi daya khayal manusia terbukti mampu memberi rupa yang nyata. Inilah kekuatan mimpi memiliki dimensi mesterius yang tak bisa ditembus secara kasa mata. Lakon telah dipilih, pemain telah siap. Lembaran takdir mulai dibuka perlembar, tanpa pembatas bahkan tanpa alunan musik yang menjadikan latar cerita kian romantis untuk dibacakan. Diirirngi sekelompok pemain teater pemula kubuka dengan pelan sangat hati-hati story book ku yang mungil, bertepi kembang indah pehias keindahanya Jinggaku malam itu. “kenalkan namaku Aling.”
To Be Continue………….

Nantikan kelanjutan seru cerita ini diedisi ke-3..



PUISI
KECEWA


Aku telah dihianati oleh pemandanganku, Aku telah disakiti oleh janjiku, Aku telah didustai oleh kesetiaanku, Aku telah dikecewakan oleh masalahku, Aku telah dipecundangi oleh keteguhanku, Aku telah dicurangi oleh perasaanku, Aku telah dipatahi oleh semangatku, Aku telah dihancuri oleh keesaanku, Aku telah ditinggali oleh kejujuranku, Sakit dihati, pedih luka dihati… tetapi… Aku tidak menyerah pada kegagalanku, Aku sudah sadar dari mimpiku, dan Aku sudah hidip dalam kematianku,…..bayangan dirinya selalu hadir menjelma…menciptakan sekat dan dinding untuk memisah antara harapan dan yang nyata, Kini aku kau hilangkan dalam ingatanmu, sedangkan aku masih tergoda dengan kuatnya ingatan bersamamu dulu…karena… engkaulah yang mengawali aku tergoda… kekasih… Engkaulah yang menggoda, Rinduku setiap malam bersama hayalku yang ingin ku lukiskan agar Engkau tau.

Manado 18 Feb 2009
Adhiman. M . Sangadji

PROFIL



Suparjo sao Hi.syaid, biasa di pangil joken, lahir di sahu, Maluku Utura pada tanggal 30 oktober 1984, pria yang hobi main catur dan dengar musik ini adalah anak ke 5 dari 7 bersaudara. Pria yang suka makan nasi goreng dan suka minum kopy mix ini Menamatkan pendidikan Dasarnya di SD N sahu, kemudian melanjutkan ke SLTP N 2 Taliabu Barat, dan SMA N 2 Sorong. setelah menamatkan sekolahnya di sorong, kemudian dia melanjutkan sekolahnya ke salah satu universitas negeri di Manado Universitas Sam Ratulangi, Fakultas MIPA, Jurusan Matematika.
Nama Lengkap : Suparjo Sau Hi. Syaid
Nama Pangilan : Joken
TTL : Sahu 30 oktober 1984
Pengalaman organisasi dan prestasi yang pernah di capai:
PMII Cabang Manado
Pengurus Mahkota Bidang Pengembangan Anggota dan Organisasi ‘sekarang’
Ketua Asrama Maluku Utara Babullah I ‘Sekarang’
Pengurus Biro Kerohanian FMIPA UNSRAT 2007-2008
Sekretaris BKM Bola FMIPA 2007-2008
Koordinator Advokasi dan Propaganda Senat FMIPA UNSRAT ‘sekarang’
Koordinator Pengembangan SCIENCE HIMMATIKA UNSRAT 2007-2008
Koordinator Pengembangan Minat dan Bakat HIMMATIKA USRAT 2008-2009
Penyusun Materi Kompetisi Matematika Tinggkat SMA se-Manado, Minahasa, Bitung, Bolmong tahun 2007
Salah satu Instruktur Mata Kuliah Pengenalan Komputer FMIPA 2008
Peringkat Kedua MTQ UNSRAT 2005
“berikut petikan wawancara Logaloga dengan Suparjo”
Logaloga = apa yang menjadi latar belakang anda, sehingga memilih manado sebagai tempat kuliah anda, dan mengapa memilih Matematika sebgai besic study anda?
Joken = saya memilih manado karena, di manado untuk biaya hidup di manado agak murah dengan ternate dan mengapa saya memilih matematika sebagai besic study saya karena dari SD saya sudah suka matematika dan Nilai-nilai matematika saya di SD bagus-bagus.
Logaloga = selain kota manado, adakah kota lain yang perna terlintas di pikiran anda untuk menjadi tempat kuliah anda?
Joken = adah si, pertama itu ITS Surabaya,di makasar dan juga perna kuliah di Ternate F.Teknik Sipil.
Logaloga = setelah anda kuliah di Manado, suasana apakah yang anda rasakan setelah kuliah beberapa tahun ini?
Joken= allhamdulillah, suasana yang saya rasakan yaitu keakrapan antara mahasiswa asal maluku utara yang kuliah di manado terjalin dengan baik, karakter mahasiswa Manado asala maluku utara berbeda dengan mahasiwa asal maluku utara yang kuliah di daerah lain, dan cwe-cwe di manado asoy-asoy....heee
Logaloga = menurut sumber yang saya dengar, anda perna mendapat IP= 4, apakah benar?, dan itu disemester berapa?
Joken = ya....itu benar,di semester 1.
Logaloga = menurut sumber yang bisa dipercaya, bahwa anda sudah mau menyelesaikan study anda?
Joken = mmmm........itu benar, tapi belum ada judul dan masih ada rentang waktu satu tahun lebih.untuk mata kuliah si sudah lulus semuah dengan nilai yang bagus-bagus.(El)

BIOGRAFI



Dr. Gerungan Saul Samuel Yacob Ratulangi

Dr. Gerungan Saul Samuel Yacob Ratulangi yang lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi dilahirkan pada tanggal 5 Nopember 1890 di tandano, Sulawesi utara. adalah seorang politikus Minahasa dari Sulawesi Utara, Indonesia. Beliau adalah seorang pahlawan nasional Indonesia.Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No.590/Tahun1961, tanggal 9 Nopember 1961Sam Ratulangi juga sering disebut-sebut sebagai tokoh multidimensional. Beliau dikenal dengan filsafatnya: "Si tou timou tumou tou" yang artinya: manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.Setelah menamatkan Hoofden School (sekolah raja) di Tandano, ia meneruskan pelajarannya ke sekolah Teknik (KWS) di jakarta. Pada tahun 1915 ia berhasil memperoleh Ijazah guru ilmu pasti untuk Sekolah Menengah dari Negara Belanda dan 4 tahun kemudian memperoleh gelar dokter Ilmu pasti dan Ilmu alam di swiss. Di Negeri Belanda ia menjadi ketua Perhimpunan Indonesia dan di Swiss menjadi ketua organisasi pelajar-pelajar Asia.Setelah kembali dari Eropah, Sam Ratulangi mengajar ilmu pasti di AMS (setingkat SMA) Yogyakarta dan kemudian pindah ke Bandung mendirikan Maskapai Asuransi Indonesia Selama 3 tahun, 1924 -1927 ia diangkat sebagai Sekretaris Dewan Minahasa Di Manado Jabatan itu dimanfaatkannya untuk kepentingan masyarakat dengan membuka daerah baru untuk pertanian, mendirikan yayasan dana belajar dan lain-lain. Atas perjuangannya yang gigih, Pemerintah Belanda menghapuskan kerja paksa di Minahasa.
Sewaktu menjadi anggota Volksraad pada tahun 1927, Ratulangi mengajukan tuntutan agar Pemerintah belanda menghapuskan segala perbedaan dalam bidang politik ekonomi dan pendidikan antara orang Belanda denganorang Indonesia Pada tahun 1932 ia ikut mendirikan Vereniging van Indonesische Academici (Persatuan Kaum sarjana Indonesia) Organisasi ini bertujuan menghimpun para sarjana Indonesia yang akan membimbing rasa kebangsaan kepada rakyatnya Awal Agustus 1945 Ratulangi diangkat jadi anggota Panitia persiapan Kemerdekaan Indonesia Setelah RI terbentuk, ia diangkat jadi Gubernur Sulawesi Ia ditangkap Belanda dan dibuang ke Serui, Irian Jaya, setelah PBB memperjuangkan Sulawesi tetap menjadi bagian RI.Sam Ratulangi juga adalah Gubernur Sulawesi yang pertama Beliau meninggal di Jakarta dalam kedudukan sebagai tawanan musuh pada tanggal 30 Juni 1949 dan Jenazahnya kemudian di makamkan di TondanoNamanya diabadikan dalam nama bandar udara di Manado yaitu Bandara Sam Ratulangi dan Universitas Negeri di Sulawesi Utara yaitu Universitas Sam Ratulangi.
Sumber : “ Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas”
“Related Links ”

SPESIAL LIPUTAN



Diskusi tentang valentine
Tema: “valentine antara budaya dan agama”

Jumat 13 februari 2009.menjelang sebuah moment besar yang biasanya paling di tunggu tunggu Kaula Muda Seluruh Dunia yaitu Hari Valentine atau di sebut sebagai hari berbagi kasih sayang dan cinta yang biasanya di peringati setiap Tanggal 14 februari ini.Dengan tema“Valentine Di Antara Budaya Dan Agama”sebuah diskusi yang dilaksanakan Kelompok Study Club SLIMUT yang dikoordinator Oleh Sudirman ini.dengan menghadirkan Pembicara Ketua Umum PMII cabang manado Fikri Tamau sebagai pembicara dengan menggunakan Prespektif Budaya dan Bpk.Hi.Husen Buchori S.Ag sebagai dengan Prespektif Agama namun bapak Husen tak sempat menghadiri.diskusi yang bejalan sekitar 1 jam dan dihadiri oleh kurang lebih 30 orang
“Kami melaksanakan diskusi ini ditujukan kepada mahasiswa Maluku Utara agar lebih berhati-hati dalam merayakan momen ini”, ungkap Sudirman. Pernyataan ini kemudian dikuatkan dengan adanya fakta yang menyebutkan bahwa di negara-negara eropa sebagaian besar wanita harus kehilangan (maaf) keperawanannya. Diskusi ini kemudian menerangkan bahwa perayaan valentine juga mempunyai dampak positif dan negatif. Seperti yang di ungkapkan oleh sahabat Fikri bahwa dari sisi positifnya valentine juga bisa mengurangi tingkat kekerasan di Indonesia, kemudian dari dampak negatifnya yaitu perayaan valentine yang menyimpang dari norma-norma kesusilaan.
Untuk itu sebagai kawula muda yang merayakan valentine agar lebih berhati-hati dalam hal ini merayakannya secara positif agar tidak menyimpang dari norma-norma kesusilaan dan agama.(oenoe)

SPORT CORNER



Semifinal Liga Champions 2008/2009

Liga Champions musim 2008/2009 saat ini telah memasuki babak semifinal. Pertandingan-pertandingan seru bakal terjadi di babak knock-out ini. Hal yang menarik dari fase knock-out kali ini adalah bertemunya klub raksasa Italia dan Inggris (minus liverpool yang berhadapan dengan Real Madrid). Diantaranya Chelsea vs Juventus, Inter Milan vs Manchester United, dan Arsenal vs As. Roma. Pertandingan yang paling menjadi sorotan adalah pertandingan antara Manchester United dengan Inter Milan. Dimana, pertandingan ini merupakan pertandingan terpanas dibanding dengan pertandingan lainnya Aktor dibalik pertandingan kali ini adalah Jose Maurinho, alenatore Inter Milan ini pernah manjadi mimpi buruk Manchester United ketika masih menjabat sebagai pelatih FC Porto pada musim 2003/2004 (kalo tara sala), ketika itu FC Porto berhasil menahan imbang 1-1 Manchester United di Old Trafford kandang MU yang membuat aggregat 2-1 untuk FC Porto setelah pada pertandingan pertama di kandang menang 1-0, hasil ini kemudian mengantarkan FC Porto ke final dan menjadi kampiun setelah mengalahkan AS Monaco. Tentunya manager Manchester United Sir Alex Ferguson tidak mau mengulangi sejarah buruk itu dengan meramu strategi khusus untuk bisa mengalahkan inter milan, tentunya dengan mengandalkan pemain terbaik dunia 2008 Cristiano Ronaldo.(oenoe)

Jadwal Lengkap Semifinal Liga Champions 2008/2009:
First Leg 24/02/09 & Second Leg 11/03/09
Atletico vs Porto
Lyon vs Barcelona
Arsenal vs Roma
Inter Milan vs Manchester United
First Leg 25/02/09 & Second Leg 10/03/09
Real Madrid vs Liverpool
Chelsea vs Juventus
Villarreal vs Panathinaikos
Sporting vs Bayern


Prediksi pertandingan Inter Vs Manchester United

Oleh : Uan Santanah (barca fanatic supporter)
“Kedua klub saat ini dihuni oleh pemain pemain yang memiliki kualitas di atas rata-rata. Kita lihat saja di Serie A, Inter masih berada di puncak klasemen dengan selisih 9 poin dari urutan dua Juventus, begitu juga dengan MU yang masih berada di urutan pertama Liga Premier dan dibayangi oleh Liverpool dan Aston Vila di urutan dua dan tiga. Namun, masalah bagi MU adalah pada partai ini mereka akan bertandang ke Giuseppe Meazza/San Siro di kota Milan yang merupakan kandang dari juara Serie A tiga kali berturut-turut, Inter Milan. Selain itu Inter saat ini dilatih oleh Jose Maurinho yang pernah melatih di klub liga premier (Chelsea), tentunya Maurinho sudah sedikit mengetahui bagaimana cara mengatasi sang juara Liga Champion musim lalu tersebut. Jadi saya lebih mengunggulkan Inter Milan dalam memenangi laga ini”.

INTER MU

Grand Final LA Campus League
Sabtu (14/2) kemarin, tepatnya di lapangan basket megamas diadakan grand final LA Campus League dimana tim putra dan putri UNSRAT berhasil menjadi yang terbaik.Tim putra UNSRAT yang berhadapan dengan tim putra STIE Eben Haezar pada quarter I sempat memimpin dengan angka 8-7 dimana pemain dari unsrat yang bernomor punggung 11, Sani mencetak empat angka untuk tim basket putra UNSRAT, pada quaeter ke II dan III tim basket dari STIE Eben Haezar mengambil alih permainan dengan unggul 21-18 dari UNSRAT. Hal ini membuat pelatih dari tim basket UNSRAT sedikit merubah strategi permainan dengan memotivasi dan menginstruksikan pada anak asuhnya agar lebih berani dalam melakukan penetrasi ke pertahanan lawan.
Strategi ini kemudian berhasil ketika pada quarter IV dimana pertandingan berlangsung sangat seru dan menegangkan ketika kedua tim saling mengejar angka, tim basket UNSRAT yang pada malam itu tampil percaya diri dengan dukungan ratusan suporter berhasil memenangkan pertandingan dengan angka 33-32. pemain UNSRAT dengan nomor punggung 11 Sani menjadi bintang pada malam itu dengan mencetak total 12 angka. Pada pertandingan sebelumnya tim putri UNSRAT berhasil mengalahkan tim putri UNIMA. Acara ini diramaikan oleh grup band Drive (baca:entertainment) yang tampil setelah grand final berlansung.(oenoe)

Entertaiment



D Clara Band
Diantara ribuan band di Indonesia yang bertumbuhan, pada 2004, enam anak muda Nick (vokal), Aldy Bone (drum), Cikerz (gitar), Ozzy (gitar), Opy (bass) dan Ray (keyboard) hadir dengan obsesi meramaikan blantika musik tanah air.
Nama D'Clara muncul dan berharap mencuri perhatian penggemar musik Indonesia. Band yang diambil dari bahasa Latin ini ingin mencerminkan apa arti nama D'Clara yakni 'Sinar yang Gemerlap'.
“Kami terbentuk tidak direncanakan,” kata Aldy Bone,
nama akrab Rinaldi Sarlim, juru bicara informal band.
D’Clara terbentuk ketika lima tahun lalu, saat mereka sudah memiliki band masing-masing. Mereka menjadikan Poltangan, sebagai base camp. Karena berlatih di tempat yang sama, dan band masing-masing sudah vakum,akhirnya mereka sepakat membentuk band baru. Genre musik yang diusung,
”Kami tidak membatasi jenis musik, kami bisa berdamai dengan industri, tapi juga memperlihatkan ini idealisme musik kami," kata Aldy optimis. Kebanyakan mereka mengambil lagu dari pengalaman pribadi. Sebanyak sepuluh lagu mereka tawarkan dan
mengandalkan lagu ‘Benci Cintaimu’ sebagai lagu andalan.
Menariknya, sang vokalis, Naizal memiliki vokal mirip Ari Lasso, yang merupakan satu kelebihan dan nilai jual D'Clara.“Kami ingin total bermusik dan mewujudkan obsesi menjadi band berkibar seperti band terkenal lainnya,” kata Aldy.
Keyakinan mereka meluncurkan album perdana setelah melihat respon penonton yang positif ketika D’Clara manggung di berbagai daerah, termasuk di Jakarta, seperti terbukti ketika manggung di Gambir Expo Pekan Raya Jakarta 2007. Respon publik saat itu luar biasa.
“Kami mendapat respon bagus di kalangan pengunjung. Alhasil, panitia meminta diperpanjang waktu manggung sampai dua minggu,” kenang Aldy.
Untuk mempertahankan eksistensinya, D'Clara sering menjadi band pembuka bagi konser band ternama seperti Sheilla On7 dan Kerispatih.
Dan untuk album perdana kali ini D'Clara tidak main-main. Buktinya, pembuatan video klip saja dipercayakan Rexinema. Model klip yang diboyong dalam video klip ini pun tak main-main lho, yakni Tyas Mirasih, model ternama. D'Clara bakal menjadi kompetitor di jagat musik tanah air. (cafemusik.com)(mOz)

TAMPA MAKAN




“Tampa Makan Ini” banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar, baik itu mahasiswa, orang kantoran atau tamu para hotel yang dekat. Salah satunya mahasiswa MALUT juga memilih untuk bisa menikmati suasana di Tampa Makan ini. Sangat terjangkau harganya. Karena dengan Rp.6000,- kita sudah bisa menikmatinya.

Nah, kalau yang satu ini memang sudah terkenal sekitar tahun 80an. Biasa mereka sebut dengan Nasi Kuning Kampung Kodo. Mmmm......., ma’nyus banget!!! Nasi Pokoknya sudah terkenal di kota manado dan sekitarnya. Kalau yang ini kita bisa mendapat dengan Rp12000,-. Dengan bungkusannya yang cukup sederhana yaitu menggunakan Daun Woka. Sangat unik ya......?? dan jarang ditemui makanan yang dibungkus pakai daun woka sekarang ini. Tampa Makan ini masih menjaga keunikannya dari awal sampe sekarang

Mau menikmatinya bisa datang di jl. Yusup hasiru link I (Kamp Kodo) Manado.(Rhattu)

ZODIAK



ANSHARI CHALID ( AAN )
18 FEBRUARI


Aquarius
(20 Januari-18 Februari)
Siapkan note kecil untuk dibawa ke mana pun kamu pergi. Akan ada banyak hal yang kamu temui di jalan dan bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan ide brillan, lho. Melihat banyaknya ide yang muncul di catatanmu ini, langsung terbukti dong bahwa kamu memang kreatif. Dengan kecerdasan otakmu, kamu bisa meraih sukses kok tanpa harus menjadi “keset” orang lain. Berkreasilah sesukamu tanpa harus memikirkan orang laín akan setuju atau tidak.
Cinta: Sebentar lagi hari valintine tiba. Boleh dong sekali-kali kamu belikan dia hadiah yang lain dari biasanya. Memang sih hadiah ini sedikit menguras dompetmu. Tapi, semua itu sebanding kok dengan kebahagian pacarmu.
Isi Dompet: Kamu masih punya hutang yang tertinggal, tuh.

Pisces (19 Februari – 20 Maret)
Coba dong, untuk tidak terlalu cuek sama keadaan disekitarmu. Beri perhatian ke orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman-teman. Walaupun dimulut mereka berkata,”baik-baik saja”,bukan berarti nggak ada masalah. Mereka ngga mau cerita karena takut akan mengganggumu. Jadi, tunjukkan kalau kamu benar-benar peduli dan mau menolong mereka.
Cinta: Banyak baca buku dan nonton film percintaan mungkin bisa membantu mengeluarkan sisi romantismu yang selama ini tertutup. Jadi kamu bisa membalas perlakuan manis yang selama ini diberikan olehnya.
Isi Dompet: Jangan boros hanya untuk mengikuti tren.

Aries (21 Maret – 20 April)
Setiap kali mendapat masalah, teman-temanmu selalu datang untuk minta bantuan,. Nah, sekarang saat kamu yang butuh bantuan, boleh dong kamu datang kepada mereka. Nggak usah gengsi, minta tolong bukan berarti kamu lemah dan nggak bisa diandalkan lagi, kok. Teman-temanmu pasti senang bisa berbuat hal yang berguna untukmu.
Cinta: Bersiaplah menyambut datangnya cinta baru. Mudah-mudahan cowok ini bisa mengobati sakit hatimu yang dulu. Kalau sudah ada yang baru, sebaiknya kisah cinta lamamu dilupakan saja.
Isi Dompetmu: Rencanamu untuk menambah uang berhasil, tuh.

Taurus (21 April – 20 Mei)
Kemarin kamu sudah bekerja hingga kecapekan, berarti saat weekend nanti kamu harus istirahat total. Berilah waktu ke tubuh dan otakmu untuk mengumpulkan energi. Kalau terus dipaksakan, kamu akan ambruk, lho. Sekarang saja badanmu mulai pegal-pegal dan kepalamu sering sakit. Ayo, segera istirahat yang teratur,
Cinta: Mengekspresikan rasa sayang itu nggak salah, kok. Malah bagus, karena kamu nggak ragu untuk jujur sama perasaan sendiri. Apalagi kalau kamu mengekspresikannya dengan cara yang manis. Pasti dia nggak sanggup menolaknya.
Isi Dompet: Agak seret sih, tapi kamu bisa bertahan.

Gemini (21 Mei- 20 Juni)
Wah, otakmu sedang cemerlang banget, nih. Kalau kondisi ini di dukung dengan semangat yang tinggi, yakin deh kamu pasti bisa menyelesaikan semua tugas dengan cepat. Nah, kalau tugas sudah selesai semua, jadwalmu untuk liburan ke luar kota nggak akan terganggu, kan? Asyik, bisa main sepuasnya deh.
Cinta: Memang sedih banget kalau cinta kita bertepuk sebelah tangan. Meskipun sulit deterima, tapi kamu harus menghargai keputusannya. Nggak usah terlalu lama bersedih. Ayo, segera temukan cinta baru lagi.
Isi Dompet: Ada pemasukan tambahan.

Cancer (21 Juni – 20 Juli)
Kamu mulai meragukan kesetian sobat-sobatmu. Wajar sih, mengingat kamu pernah punya pengalaman dikhianati sama mereka. Namun, kali ini sobat-sobatmu berusaha untuk memperbaiki keselahan mereka. Jadi, coba hapus sedikit rasa curigamu dan berusahalah mempercayai mereka lagi.
Cinta: Cinta memang butuh kompromi, tapi kalau kamu selalu menjadi pihak yang mengalah, capek juga, ya? Nah, sekarang kamu harus punya keberanian untuk melawan. Buat dia menuruti kemauanmu.
Isi Dompet: Tetap aman kalau kamu bisa menentukan prioritas.

Leo (21 Juli – 20 Agustus)
Bakal ada beberapa kejutan, nih. Karena nggak mempersiapkan diri, kamu jadi syok berat menerimanya. Tenang, bersikap panik berlebihan nggak akan membantu keluar dari masalah. Yang paling penting, kamu harus menjaga agar kejadian ini tidak mengganggu rencana besarmu.
Cinta: Ada kesalahpahaman yang terjadi di antar kalian berdua. Sebenarnya masalah ini bisa dicegah kalau kalian mau saling bicara jujur. Sayangnnya, sampai saat ini kalian masih gengsi mengakui perasaan masing-masing.
Isi Dompet: Harus belajar membedakan mana pengeluaran penting dan tidak.

Virgo (21 Agustus – 22 September)
Belajarlah untuk menerima pujian dari orang dengan hati terbuka. Nggak perlu merasa malu atau rendah diri, karena kamu memang pantas kok mendapatkan pujian itu. Supaya nggak kelihatan sombong, ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantumu. Pasti mereka merasa dihargai dan nggak ragu untuk membantumu lagi di lain waktu.
Cinta: Hmm, sepertinya mulai banyak nih tanda-tanda dia
serius. Dimulai dengan berani mempertontokan kemesraan di depan umum, hingga mengajakmu ketemu dengan keluarganya. Wah, jadi semakin sayang sama dia.
Isi Dompet: Besar pasak daripada tiang nih.

Libra (23 September – 22 Oktober)
Hati-hati ya, minggu ini kesehatanmu akan memburuk, terutama di bagian pencernaan. Sepertinya sih. Ini adalah dampak dari pola makanmu yang berantakan di minggu lalu. Jangan sok kuat dengan menahan rasa sakit. Lebih baik kamu luangkan waktu satu hari untuk istirahat sehingga bisa sembuh dan segera beraktivitas lagi.
Cinta: Kamu curiga dia tertarik dengan cewek lain. Karena itulah kamu gencar beraksi bagai detektif dengan mengikuti ke mana pun dia pergi. Awas ketahuan lho, nanti malah membuat masalah baru.
Isi Dompet: Agak miskin, nih.

Scorpio (23 Oktober – 22 November)
Saatnya menerapkam gaya hidup sehat dalam hidupmu. Bisa dimulai dengan rutin minum air putih dan banyak makan sayuran, kemudian dilanjutkan dengan olahraga teratur. Nah, setelah makanan dan olahraga, tinggal jiwamu nih yang harus dibersihkan. Cobalah untuk selalu berpikir positif dan mau memaafkan orang lain agar pikiranmu tentang.
Cinta: Aduh, perhatiannya mulai teralih ke hal lain, nih. Tenang, bukan kepada cewek, kok tapi kepada teman-teman barunya. Agak susah ya mengutarakan rasa cemburumu karena kamu tahu betapa berartinya sosok teman bagi pacarmu.
Isi Dompet: Easy come, easy go.

Sagitarius (23 November – 21 Desember )
Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan rencanamu itu. Karena minggu ini adalah waktu yang tepat untuk berekreasi. Jangan menunda-nunda hal yang penting untuk segera diselesaikan. Apalagi sampai ragu-ragu melangkah hanya karena takut gagal. Yang penting mencoba dulu, masalah hasil itu urusan nanti.
Cinta: Emosi sih boleh saja, tapi jangan melontarkan kata-kata yang menyinggung perasaannya dong. Ayo, belajar menjaga mulutmu karena sering banget kalian jadi bertengkar hanya karena kamu salah bicara.
Isi Dompet: Mengalir lancar seperti air.
Capricorn: (22 Desember – 19 Januari)
Seringkali tanpa sadar kita menertawakan kesalahan orang lain. Apalagi orang itu adalah musuh kita. Rasanya puas banget! Tapi, perbuatan ini sebenarnya sangat pengecut karena kita hany bisa bersenang-senang di atas penderitaan orang lain. Cobalah bersaing secara sportif tanpa harus saling menjatuhkan.
Cinta: Hubunganmu dengan dia masih bisa diperbaiki, kok. Asalkan kalian mau berjuang. Karena kalau melihat setuasi, sepertinya butuh banyak pengorbanan nih untuk bisa mempertahankan kisah cintamu.
Isi Dompet: Ada banyak rezeki datang tak terduga kok. (Rhattu) (www.gadis-online.com)

Senin, 16 Februari 2009

aktifitas mahasiswa MALUT di manado





PEMILU DAMAI

PEMILU DAMAI
untuk Maluku Utara
 
Tak lama lagi hasil Pilkada di Propinsi Maluku Utara akan diumumkan 10 Februari 2009 nanti dengan melewati sebuah proses yang sangat panjang.siapkah yang akan memimpin Maluku utara???
subtansial Pemilu akan dilakukan pada bulan April 2009. Dan sudah menjadi tradisi ‘demokrasi’, tensi politik di tiap Kota yang akan cukup tinggi. Selain itu, para calon yang akan rencananya akan bertarung, sejak 5 bulan terakhir telah memulai politik ‘tebar pesona’.
Terlepas dari politik ‘tebar pesona’ yang sementara berlangsung, ada hal yang sangat subtansial yang terkadang memiriskan hati kita, manakalah melihat dan mendengar di media, Pilkada yang seharusnya berfungsi untuk pendidikan dan penguatan Partisipasi politik lokal harus berakhir dengan kekerasan antar pendukung, seperti yang terjadi di Maluku Utara, Sulsel, Kendari atau Gorontalo. Dan bukanlah hal yang tidak mungkin konflik Pilkada yang kerap mewarnai proses demokrasi didaerah.
Konflik antar masyarakat yang kerap terjadi dalam Pilkada tidaklah berdiri sendiri.ada lima sumber konflik dalam Pilkada, baik menjelang, saat penyelenggaraan, maupun pengumuman hasil Pilkada. Pertama, mobilisasi politik atas nama etnik, agama, daerah dan darah. Kedua, kampanye negatif (black campaign) antarpasangan calon Kepala Daerah (KD). Ketiga, premanisme politik dan pemaksaan kehendak. Keempat, manipulasi dan kecurangan penghitungan suara hasil Pilkada. Kelima, perbedaan penafsiran terhadap aturan main penyelenggaraan
Selain itu, konflik yang kerap berakhir dengan kerusuhan sosial bisa terjadi karena ada persepsi bahwa pilkada merupakan pertarungan zero sum game, lemahnya kultur “orang kalah yang baik”, lemahnya kapasitas lokal mengelola konflik, kuatnya persepsi bahwa pilkada sebagai perayaan, kultur pragmatisme jangka pendek, lemahnya dialektika untuk mencari nilai-nilai ideal dan membangun visi bersama.
Pendidikan politik masyarakat, selain upaya nyata untuk meminimalisir terjadinya konflik horizontal, juga merupakan sarana untuk meningkatkan partisipasi dan kontrol masyarakat terhadap penyelenggaraan pesta demokrasi, dan pada akhirnya Pemilu bukan saja menghasilkan ‘siapa yang menang’ dan ‘siapa yang kalah’. Tetapi lebih dari itu, yakni meningkatnya kapasitas politik masyarakat. Kondisi ini menjadikan masyarakat bisa mengembangkan kepeduliannya terhadap masalah-masalah sosial, ekonomi dan politik yang dihadapinya. Dari situlah akan tumbuh rasa percaya diri terhadap sesama warga yang merupakan modal sosial untuk terjadinya perubahan yang kearah lebih demokratis.Selain konsistensi lembaga penyelenggara Pemilu, kesadaran politik rakyat merupakan faktor penting yang bisa menjadikan Pemilu didaerah menjadi demokratis atau berakhir dengan konflik. Selama ini, alasan rakyat melakukan aksi demonstrasi yang kemudian berakhir dengan kekerasan biasanya bermuara pada persoalan ‘keadilan’, alam demokrasi telah membuat rakyat menjadi lebih peka terhadap apa yang terjadi, situasi seperti ini makin mengerucut bila para elite politik membubuhinya dengan isu sentimen SARA.
Realitas hari ini didaerah yang akan melakukan Pemilu telah dipenuhi dengan simbol-simbol primodial ataupun isu kampanye yang mengatasnamakan Suku, agama dan Ras (SARA) , tentu saja akan semakin membuat rakyat terkotak-kotak dalam kepentingan yang berbeda. Demokrasi dalam pluralitas dan multikultural akan menjadi masalah sendiri bila tidak diberlakukan sebagaimana adanya
Dalam suatu sistim demokratik, sangat pasti rakyat masih memerlukan peningkatan pemahaman tentang ide-ide demokrasi dan suatu komitmen terhadap nilai-nilai dan prinsip-prinsip demokrasi. Karena demokrasi bukanlah suatu utopia dan masyarakat memerlukan pemahaman guna menumbuhkan kesadaran politik serta mencegah warga negara untuk tidak apatis, sinis apalagi anarkis.
Tanpa adanya kesadaran politik atau melek politik, rakyat mengalami kesulitan dalam menentukan preferensi politiknya, termasuk dalam hal mengaktualisasi hak-hak politiknya. Sistem Pilkada tidak hanya semata-mata untuk menghasilkan pemimpin yang memiliki legitimasi kuat dari rakyat, tetapi juga menghasilkan pemipin daerah yang bisa menjalankan mandat politik yang diberikan oleh rakyat.
Mari barenti baku iri
mari sama baku pegagng tangan baku bekeng bae maluku utara

Ajang Silaturrahmi Mahasiswa


Ajang Silaturrahmi Mahasiswa

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Olah raga ini cukup digemari di kalangan mahasiswa.
Tak terkecuali dengan mahasiswa Malut yang ada di Manado, khususnya bagi mereka yang terlahir sebagai laki-laki, futsal menjadi trend tersendiri sebagai sarana berolahraga setelah disibukan dengan ujian semester serta pengurusan administrasi perkuliahan, selain itu juga sebagai sarana silaturahmi antar mahasiswa. Namun, untuk menyalurkan hobi serta meregangkan otot-otot yang kaku, kita harus merogok kocek yang cukup dalam (khususnya mahasiswa), biaya untuk pemakaian lapangan yang hanya satu jam saja (bukan lagu ST12) mencapai Rp.175.000,- yang jika dikalkulasi bisa digunakan untuk menyambung hidup selama seminggu lebih (doi makan).
Keinginan untuk menyalurkan hobi dapat terwujud pada Senin (2/1) kemarin, difasilitasi oleh salah satu alumni Mahasiswa yang sedang berkunjung ke Manado. Sore harinya sekitar pukul 15.00 para mahasiswa Malut ini pun menuju ke My Futsal Mega Mas dan langsung ke lapangan Liga Premier, pada pertandingan kali ini mereka yang kurang lebih 15 orang dibagi dalam 3 tim dimana masing-masing tim terdiri dari 5 orang dengan sitem pertandingannya yaitu ‘kalah ganti’ dengan defisit dua gol dimana jika salah satu tim sudah memasukan 2 gol ke gawang tim lawan maka, tim yang telah kebobolan 2 gol wajib diganti dengan tim yang lain.
Kegiatan olah raga tersebut tidak memperebutkan hadiah apapun cuma sekedar cari suar dan sebagai ajang silaturahmi antara mahasiswa Malut. “kegiatan olahraga ini merupakan ajang untuk menyalurkan hobi serta silaturahmi antar mahasiswa Malut” ujar Ruhan yang juga ketua umum Mahasiswa Kota Ternate (MAHKOTA).
(oenoe)

TOGAL SO MATI ?

TOGAL SO MATI ?

Oleh : M. Sofyan Husen

(Orang Kayoa)


Mundur dua tiga langka…….

Satu pengakuan……..

Dua kepastian

Tiga……

Meneruskan perjalanan………

Malam itu tifa ditabuh dengan semangatnya oleh sekelompok orang yang tidak masuk kategori pemuda lagi, irisan fiol, barisan manusia yang dengan gembira berjoget, komat-kamit menggelagar oleh komandor dengan berbagai bait puisi serta kata-kata bijak dan pantun keluar dari mulutnya sambil sesekali menghela napas. Bau keringat, parfum, debu akibat langkah dan hentakan kaki para pejoget mewarnai sabua yang panjangnya hampir 20-an meter dengan lebar kira-kira 4 depa. Sesekali musik dihentikan untuk melepas lelah dan diwaktu melepas lelah itu disuguhkan orson dan apang polote, andara, balapis, waji atau kue khas Maluku Utara lainnya bagi mereka yang berjoget. Musik atau pesta yang umumnya dikenal oleh tradisi orang di jajirah almuluk dengan sebutan pesta togal itu dilakukan sehubungan dengan hajatan (acara perkawinan) salah satu pejabat yang tinggal dibilangan Mangga Dua Ternate bagian selatan pada awal maret dua tahun lalu (2004).

Ada satu kejadian “menggelikan” waktu itu. Sebagaimana biasanya, sebelum mengadakan acara (pesta) maka sipembuat hajatan harus meminta surat izin atau minmal pemberitahuan secara resmi kepihak kepolisian. Maka diutuslah seorang kerabat dekat untuk mengurus surat izin pesta togal itu, tapi sesampai dikantor oleh aparat kepolisian dengan alasan menjelang Pemilu (saat itu sudah masuk minggu tenang) pesta itu tidak diijinkan oleh aparat, hampir saja hal yang sudah direncanakan itu tidak jadi dilaksanakan. Sang pejabat yang punya hajatan kemudian langsung turun tangan mendatangi, dan entah karena dia adalah pejabat atau karena para bapak-bapak di kepolisian memahami bahwa pesta togal adalah satu medium pemeliharaan tradisi, yang pasti pesta togal malam itu jadi dilaksanakan dan berahir pada jam 3 dini hari. Diantara para manusia yang berjibun melantai dikarenakan hipnotis musik togal itu termasuk saya.

Kejadian pesta togal wktu itu yang sudah samar-samar terdengar musiknya hari ini membekas dan membentuk kegelisahan dibenak saya. Kegelisahan saya yang Pertama, pesta togal yang dalam tangkapan inderawi saya adalah satu bentuk musik khas (dengan tifa dan fiol sebagai alat musik utamanya) oleh sebagian atau secara keseluruhan orang Maluku Utara dan biasanya menjadi acara puncak dalam setiap hajatan acara perkawinan misalnya) Dan selalu disuguhkan dengan gratis kalau hendak terlibatdidalamnya. Tapi coba anda amati apakah dalam tahun-tahun terahir ini masih ada tontonan gratis akan hal itu ? kalaupun ada sangatlah jarang. Pesta Togal atau musik sejenisnya sudah tersandra oleh gemerlapnya tarikan modernisasi. Tentunya ini masih perlu diperdebatkan. Hanya saja jikalau anda atau saya menyepakati bahwa standarisasi dari sesuatu yang dikatakan maju

adalah apabila sesuatu itu terkonstrukasi dalam jejaring kapitalisme maka Togal hari ini justeru masuk dalam lingkaran ini. Untuk menikmati togal, anda harus merogoh kocek anda sekitar dua puluh ribuan rupiah agar bisa membeli kaset dan CD yang dijual bebas dipasar Gamalama atau sekitaran Mini Market.